Werehouse banyak diincar para perusahaan demi menunjang kapasitas dan layanan yang terbaik bagi produk mereka. Werehouse menyediakan berbagai layanan mulai dari penyimpanan barang yang belum jadi, barang setengah jadi, ataupun barang yang udah ready dan siap kirim ke konsumen.

Selain meneydiakan fasilitas diatas, werehouse juga melayani packing barang, beserta pengirimannya dengan berbagai jenis layanan pengiriman sesuai dengan keinginan kita. Dengan memilih untuk menyewa gudang bagi perusahaan kita, tentu kita harus memilih sesuai dengan keutuhan atau produk yang kita pasarkan. Beberapa jenis jasa sewa gudang  berdasarkan kebutuhan kita, akan dibahas dibawah ini.

1.     Berdasarkan Fungsi

Jenis werehouse berdasrkan fungsinya juga perlu kita ketahui supaya dapat memilih sesuai kebutuhan perusahaan kita. Berikut jenis-jenisnya.

1)      Raw Matrial Storage

Yang pertama adalah Raw Matrial Storage. Jenis gudang ini memiliki fungsi sebagai tempat bahan belum jadi atau proses produksi. Jadi penyimpanan bisa dilakukan ditempat indor atau outdor sesuai dengan produk kita.

Sebagai contoh jika kita memiliki perusahaan funiture yang memiliki pasokan kayu yang sangat banyak, maka gudang yang kita pilih bisa yang memiliki ruang outdor yang luas dibandingkan ruangan indorrnya. Karena kayu dapat disimpan di tempat outdor, beda dengan produk lain seperti makanan atupun pakaian.

2)      Working Proces Storage

Jenis gudang yang kedua yaitu difungsikan sebagai penyimpanan bahan setengah jadi atau sedang dalam proses prpengerjaan. Biasanya  perusahaan yang harus menyewa gudang jenis ini adalah gudang manufaktur, karena produksinya perlu melalui beberapa proses.

Dengan menunggu proses selanjutnya selesa, maka produk di pengerjaan sebelumnya harus antri terlebih dahulu. Nah dalam antrian tersebut, kita juga butuh gudang dalam penyimpanannya. Maka memilih gudang dengan jenis Working Proces Storage ini bisa jadi solusinya.

3)      Finished Good Storage

Jenis gudang berdasaran fungsi selanjutnya adalah gudang Finished Good Storage. Gudang ini difungsikan untuk menyimpan barang atau produk yang sudah jadi. Biasanya jenis gudang ini memiliki ukurang yang lebih besar dari gudang-gudang lainnya, karena haru menampung lebih banyak produkk dengan berbagai macam jenis yang akan didistribusikan kepada konsumen.

Jenis gudang ini juga memiliki bebrapa ruang atau penyekat untuk penyimpanan barang sesuai dengan tipe atau jenisnya. Memilih gudang ini, harus memilih posisi atau tempat yang memadai. Supaya dapat menjangkau dengan baik ketempat-tempat yang aan kita tuju. Jadi dari ketiga jenis gudang ini memiliki fungsi masing-masing. Jangan sampai salah pilih ya.

2.      Berdasarkan Karakteristik Produk

Dalam suatu bisnis atau perusahaan, akan menjual beberapa produk yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang berkarakteristik padat, lembab, ataupun cair. Berikut adalah 3 jenis gudang bersadarkan karakteristik produknya.

1)      Climate Controled

Gudang jenis ini digunakan untuk menyimpan produk yang harus memiliki penanganan khusus dan terkontrol dengan baik terutama mengenai suhu dalam gudang tersebut.

Bagi kita yang memiliki produk yang harus memiliki penanganan khusus dalam penyimpanannya, sebaiknya memilih gudang jenis ini, supaya produk yang kita simpan dapat bertahan dengan baik.

Jenis perusahaan yang harus memilih jenis gudang ini adalah perusahaan makanan ataupun minuman, seperti ice cream, sosis, dan lain sebagainya.

2)      Gudang Distribusi

Gudang jenis ini dipilih hanya untuk penyimpanan produk yang hanya sementara atau dalam waktu singkat. Jadi jika anda harus memilih menyewa gudang jenis ini, harus benar-benar diperhatikan bebrapa fasilitasnya. Jika ada beberapa fasilitas yang tidak diperlukan, karena baang yang hanya dititipkan sebentar, maka tolak saja fasilitas tersebut demi penghematan biaya.

3)      Cross Docking

Bagi anda yang memiliki usaha dengan produk besar dan harus menggunakan truck atau sejenisnya untuk memuat barang pengiriman anda, maka gudang jenis ini bisa anda pilih, karena menyediakan tempat yang lebih luas dan besar demi menunjang kelancaran pengiriman ataupun pemasokan barang anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *