Chain Hoist : Pengertian Dan Cara Kerjanya!

Chain hoist adalah sebuah peralatan yang digunakan dalam kegiatan industri besar mulai dari proyek-proyek gudang pabrik dan masih banyak lagi. Fungsi utama dari peralatan ini adalah untuk memindahkan barang dengan beban yang besar dan dalam jumlah yang banyak. Alat ini tentu saja sangat praktis karena membantu manusia untuk mengangkat sesuatu yang berat dan tidak bisa diangkat meski menggunakan tenaga manusia itu sendiri.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak di bawah ini pengertian dari hoist dan bagaimana dengan cara kerjanya. Tentu saja bagi Anda yang ingin memahami produk-produk dalam kegiatan industri, informasi ini sangat penting.

Pengertian

Chain hoist peralatan yang berbentuk rantai ini menjadi alat untuk mengangkat barang yang punya beban berat dalam jumlah banyak. Peralatan untuk mengangkat beban berat ini tidak hanya mampu mengangkat tapi juga menurunkan barang dengan arah yang tegak lurus dan vertikal. Untuk metode pengangkatan bebannya sendiri menggunakan tali kawat dan memiliki roda pada crane.

Roda ini umumnya memiliki dua metode yaitu digunakan memakai cara manual ataupun listrik pada saat pengoperasiannya. Selain pada kawat biasanya pengangkatan beban juga bisa menggunakan rantai dan hook atau kail. Jika ditanya berapa kapasitas beban yang mampu diangkat oleh rantai ini? Jawabannya tentu saja adalah berat barang tersebut maksimal 5000 kg.

Cara Kerja

Setelah mengetahui pengertian dari hoist, Anda juga perlu tahu cara kerjanya. Untuk penggunaan alat pengangkat berat ini ternyata lebih banyak dipakai orang yang memiliki metode listrik atau elektrik. Alasannya tentu saja karena lebih efisien dan lebih praktis dan bisa mengangkat beban tanpa adanya masalah.

Saat ini bahkan perusahaan industri umumnya lebih memanfaatkan chain elektrik. Namun anda juga perlu tahu bahwa pemakaian chain manual memanfaatkan tenaga manual yang mana peralatan harus ditarik dengan menggunakan tenaga manusia. Peralatan sendiri memiliki rantai yang tertutup dengan model melingkar. Lalu di bagian kerekan terdapat katrol kecil dan katrol besar. Agar beban bisa diangkat maka rantai harus ditarik. Nah kondisi penarikan beban terjadi saat katrol tarik menarik antara katrol besar dan katrol kecil.

Secara umum cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan teknologi gigi untuk membuat kekuatan yang lebih banyak atau double. Nah rantai yang digunakan dengan pengoperasian manual alias memakai tangan maka membutuhkan banyak operator agar rantai bisa ditarik dan mengangkat beban. Ketika katrol berubah, nanti rantai akan mulai terasa berat dan bagian pengait akan mulai bergerak turun. Pekerjaan para operator untuk mengangkat barang dengan menggunakan chain manual sama halnya dengan sistem rantai angkat berat.

Jika kegiatan mengangkat beban yang berat menggunakan chain elektrik tentu tidak membutuhkan banyak sekali operator. Hanya perlu dikontrol dan diawasi saja bilamana peralatan rusak ataupun agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah jika anda sedang membutuhkan chain hoist electric bisa membelinya di produsen terbaik yaitu Sumber Mega Jaya. PT Sumber Mega Jaya ini adalah lifting equipment specialist yang sudah berdiri sejak tahun 1983. Produk yang dihasilkan adalah lebih dari 3000 lebih lifting equipment beserta aksesorisnya, yang dijual dari 12 brand ternama. Tidak heran mengapa Sumber Mega Jaya adalah distributor lifting paling lengkap di Indonesia. Distributor lifting ini juga paling profesional karena mampu memberikan garansi service hingga 5 tahun untuk produk equipment dari brand TOYO. Jadi tunggu apalagi, segera beli produk lifting equipment kebutuhan perusahaan anda hanya di Sumber Mega Jaya.

Leave a Comment