Harga Bitcoin Naik dan Jumlahnya dalam Rupiah

 

Makin hari, uang crypto makin populer di berbagai belahan dunia. Harga Bitcoin terus mengalami kenaikan. Lalu, berapa rupiahkah sekarang?

Salah satu mata uang elektronik ini mencapai angka Rp.702.154.906 per 1 Bitcoin. Jumlah yang fantastis. Sebelum mencapai angka tersebut, Bitcoin mengalami kenaikan dan penurunan sejak diluncurkannya pada 2009.

Apa yang Dimaksud Bitcoin dan Berapa Harga Bitcoin?

Apa yang Dimaksud Bitcoin?

Bitcoin termasuk cryptocurrency atau salah satu mata uang elektronik. Bitcoin bisa digunakan secara peer-to-peer.

Peer-to-peer ini merupakan teknologi client-server di mana komputer bisa menjadi client atau server. Sistem ini mendukung pemakaian bersama antar komputer. Hal ini memungkinkan satu komputer dengan lainnya dapat berinteraksi secara real time atau langsung.

Harga Bitcoin

Sejak hadir pada tahun 2009, Bitcoin terus mengalami perubahan. Itu sebabnya Bitcoin tidak dijamin akan terus mengalami kenaikan. Namun, bisa dikatakan cocok untuk investasi karena mengalami lompatan harga yang fantastis.

Pada awal diperjual belikan, 1 Bitcoin hanya seharga 1 USD. Jika di rupiahkan di masa kini, hanya sekitar Rp. 14.400. Untuk mendapatkan dua buah pizza, pada masa itu memerlukan 10.000 Bitcoin.

Harga yang tergolong tidak seberapa itu mengalami kenaikan sedikit demi sedikit. Pada pertengahan tahun 2011, harganya melampaui dolar Amerika Serikat. Harga satu Bitcoin saat itu mencapai $ 31.

Pada tahun 2013, nilai tukar Bitcoin kembali bertambah meski sempat mengalami penurunan. Harganya mencapai $ 1000 untuk 1 Bitcoin.

Pada tahun-tahun berikutnya, Bitcoin bisa dikatakan cukup stabil. Bitcoin pun mulai menarik perhatian media pada umumnya. Peminatnya semakin banyak hingga membuat harga Bitcoin melonjak menjadi $ 20.000 pada 2017.

Setelah kenaikan harga yang fantastis, Bitcoin mengalami penurunan yang cukup besar. Awal 2018 harganya hanya $ 10.000. Nilainya hilang sekitar 50%.

Nilai tukar Bitcoin semakin anjlok hingga pada akhir 2018 harganya hanya $ 3.200. Pada pertengahan 2019 peminat Bitcoin kembali bertambah. Harganya mulai puli dan bertahan di angka $ 10.000.

Lonjakan Harga Bitcoin

Pada tahun 2020, Bitcoin mencapai kejayaan. Harganya mencapai angka 29.000 Dolar Amerika. Dan pada awal 2021  harganya mencapai 30.000 Dolar Amerika per 1 Bitcoin.

Nilai ini tentunya jauh di atas prediksi yang berkisar hanya 20.000 Dolar. Namun, nyatanya Bitcoin masih merangkak naik harga hingga $ 38.440.

Luar biasa, Bukan? Jika dirupiahkan pada saat ini, 2 keping Bitcoin  harganya lebih dari 1 Miliar Rupiah.

Penyebab Harga Bitcoin meningkat

Seperti aset investasi pada umumnya, Bitcoin tidak menjanjikan harga yang terus naik semakin harinya. Naik dan turunnya harga dipengaruhi oleh beberapa hal.

Jumlah Pembeli dan Ketersediaan

Saat permintaan meningkat melebihi suplai Bitcoin, harga akan naik. Sebaliknya jika peminatnya kurang dari banyaknya suplai, harga akan turun hingga mencapai keseimbangan. Ini sudah menjadi hal yang biasa dalam jual beli.

Fear and Greed

Fear and Greed adalah rasa takut dan keinginan yang berlebihan. Hal ini memengaruhi harga crypto, termasuk di dalamnya Bitcoin.

Harga crypto melambung setelah sebelumnya mengalami gelombang yang tidak menentu. Hal ini meningkatkan jumlah peminat karena adanya keinginan yang sangat besar atau greed. Pemicunya yaitu pemikiran bahwa Bitcoin akan jauh lebih mahal lagi.

Saat angkanya mencapai titik paling tinggi sepanjang sejarah, para pemilik aset mulai menjualnya untuk meraup keuntungan.

Hal ini menyebabkan adanya fear atau ketakutan. Maka, para pemilik aset berbondong-bondong menjualnya. Harga Bitcoin atau aset crypto lain pun semakin menurun.

Leave a Comment