Kirim Barang ke Luar Negeri Berupa Barang Elektronik

 

Kirim barang ke luar negeri apalagi isi paketnya berupa peralatan elektronik, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Sebab, ada berbagai aturan yang mungkin saja sedikit menyulitkan pengirimannya. Namun, semuanya akan berjalan mudah jika kirim via ekspedisi.

Tips Kirim Barang ke Luar Negeri Berupa Barang Elektronik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengirim barang elektronik ke luar negeri bukanlah perkara sederhana. Namun, semuanya dapat diatasi jika Anda menggunakan jasa ekpedisi. Tapi sebelumnya, pahami terlebih dahulu bagaimana cara mengemasnya.

1. Gunakan Jasa Ekpedisi Terpercaya

Sebelum membahas cara mengemas barangnya dengan baik dan benar, tentu langkah awalnya adalah memilih ekspedisi. Pastikan bahwa Anda menggunaka jasa pengiriman barang terpercaya. Tak hanya itu saja tapi juga menjamin keamanan paket sampai tujuan.

Pasalnya, seaman dan serapih apapun Anda mengemas barang, jika pihak ekspedisi tidak profesional hasilnya akan sama saja. Perlu ketelitian dan kehati-hatian saat meletakkan barang dan mengirimnya. Jika tidak, maka risiko terjadinya kerusakan pun cukup besar.

2. Gunakan Bubble Warp

Langkah awal dalam mengemas barang terutama peralatan elektronik adalah menyiapkan bubble warp. Tentu ini sangatlah penting dan sangat diandalkan dalam setiap pengiriman barang. Anda bisa menemukannya di pasar dengan mudah dan ukurannya pun beragam.

Fungsi dari bubble warp seperti yang diketahui adalah meredam benturan selama proses pengiriman berlangsung. Hal ini dapat Anda lihat dari teksturnya yang bisa melindungi paket dengan aman. Gunakan bubble warp secara maksimal hingga tak ada satupun celah.

3. Jangan Lapisi Dengan Koran

Satu hal yang perlu Anda pahami sebelum menggunakan jasa kirim barang ke luar negeri adalah jangan lapisi peralatan elektronik dengan koran. Terlebih jika sangat rentan pada bagian bodinya. Sebab, koran bisa membuay layar atau semacamnya menjadi lecet.

Apalagi pengiriman ke luar negeri dengan jarak tempuh yang jauh dan memakan waktu lama. Pada bagian yang sensitif seperti layar atau bodi, cukup lapisi saja menggunakan bubble warp. Hal ini akan lebih aman bahkan adanya benturan sekalipun.

4. Gunakan Kardus

Setelah dilapisi dengan menggunakan bubble warp secara keseluruhan, langkah berikutnya adalah memasukkannya dalam kardus. Pastikan Anda memakai kardus yang cukup tebal agar lebih aman. Pada tahap ini bukanlah proses pengemasan yang terakhir.

Jika sudah dimasukkan ke dalam kartu dengan aman, tutup secara rapat di setiap bagiannya menggunakan selotip. Kemudian, sangat disarankan agar melapisinya kembali mebgunakan bubble warp. Lalu disusul dengan penggunaan Box pada bagian luar paket.

5. Jangan Sisakan Ruang Sedikitpun

Sebelum masuk ke dalam tahap akhir, periksa kembali setiap sisinya. Jangan sampai terdapat celah yang membuat risiko adanya benturan membuat barang rusak. Kalaupun masih ada ruang tambahkan kembali busa ataupun bubble warp.

Usahakan agar tidak menyisakan ruang sedikitpun saat memasukkannya kedalam kardus. Pasalnya, hal itu bisa membuat risiko kerusakan menjadi lebih besar. Beda halnya apabila semuanya telah dipadati tanpa ada celah sedikitpun, maka akan sangat aman.

6. Tambahkan Peti Kayu

Pada tahap akhirnya tambahkan peti kayu untuk bagian terluar. Tujuannya tentu guna meredam benturan ataupun tertimpa barang lain. Mengingat bahwa di dalam ada banyak barang lainnya yang kemungkinan ukurannya pun besar.

Menambahkan peti kayu sangat berguna apalagi barang berukuran besar. Setelah itulah mintalah kepada pihak penyedia jasa untuk menambahkan keterangan tertentu. Seperti jangan dibanting hingga letakan dengan aman.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa tips mengemas peralatan elektronik sebelum menggunakan jasa kirim barang ke luar negeri. Tentu hal ini penting untuk dipahami. Tujuannya adalah agar paket bisa sampai ke tujuan dengan aman tanpa ada kerusakan.

Untuk Anda yang membutuhkan layanan jasa kirim ekspor ke Malaysia. Anda bisa cek ongkir ke malaysia dan info apapun yang Anda butuhkan melalui website Kilo.id.

Leave a Comment