Beberapa Jenis Peralatan Rumah Tangga Dan Cara Merawatnya

Kegiatan rumah tangga membutuhkan peralatan khusus agar memudahkan kita dalam mengerjakan pekerjaan yang berbeda-beda. Biasanya peralatan rumah tangga terbagi menjadi 3 yaitu peralatan kebersihan, peralatan makan dan peralatan memasak. Ke tiga peralatan tersebut harus di bersihkan secara berkala agar memiliki umur yang lebih panjang dalam pemakaian peralatan tersebut. Namun memang ada beberapa treatment khusus dalam perawatan peralatan tersebut. Selain itu kamu juga harus memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan alat-alat tersebut.

Baca juga harga kabel duct untuk keperluan rumah tangga: https://www.traytek.co.id/download

Tanpa berbasa-basi lagi mari kita bahas beberapa jenis peralatan dan cara membersihkannya.

1. Peralatan Makan

Peralatan makan merupakan salah satu perabotan yang harus kamu cuci dan rawat setiap hari mengingat kita selalu menggunakannya untuk keperluan makan dan minum sekitar 3 kali sehari. Beberapa peralatan yang biasa digunakan seperti sendok, garpu, piring, mangkok, gelas dan lain sebagainya. Cara merawat peralatan tersebut agar awet dan tahan lama, bersihkan langsung dengan seksama sisa-sisa makanan yang masih menempel di peralatan makan setelah Kamu selesai makan atau minum. Jangan sampai kotoran melekat terlalu lama pada peralatan yang kamu gunakan karena akan mengakibatkan kotoran tersebut sulit untuk dibersihkan. Dengan sisa makanan yang sudah mengeras otomatis kamu membutuhkan alat kasar seperti kawat dan tenaga ekstra untuk membersihkannya, hal ini dapat membuat beberapa perabotan lecet dan cepat rusak.

2. Peralatan Masak

Sama dengan peralatan makan, peralatan masak pasti juga sering untuk digunakan. Akan tetapi pada peralatan ini mungkin tidak selalu kamu gunakan semua, beberapa peralatan masak yang paling sering digunakan antara lain: panci, wajan, Teflon, rice cooker dan lain sebagainya. Untuk merawat peralatan masak tidak jauh berbeda dengan peralatan untuk makan, harus segera dibersihkan setelah kita menggunakannya. Apabila kamu ingin membersihkannya di lain waktu usahakan peralatan tersebut direndam dahulu dengan air bersih agar sisa makanan yang ada di peralatan tersebut tidak mengeras.

3. Peralatan Kebersihan

Peralatan yang kita gunakan sehari-hari untuk membersihkan rumah ternyata juga bisa kita rawat agar dapat digunakan lebih lama, beberapa peralatan kebersihan yang sering dipakai antara lain: kain pel, sapu, pengki, kain lap dan lain sebagainya. Peralatan rumah tangga tersebut bisa kamu bersihkan setiap kali digunakan atau beberapa waktu sekali, kamu bisa mencuci peralatan tersebut menggunakan air biasa, maupun dicuci dengan menggunakan sabun. Hal ini dilakukan karena tanpa kita sadari peralatan yang sering kita gunakan untuk bersih-bersih rumah apabila tidak dibersihkan akan menyimpan banyak kotoran dan dapat menjadi sumber penyakit, oleh sebab itu peralatan kebersihan hendaknya juga kamu bersihkan setiap waktu.

Adapun beberapa perabotan lain yang sering digunakan seperti peralatan elektronik juga memerlukan pemeliharaan khusus. Akan tetapi apabila terjadi kerusakan akan jauh lebih baik untuk memberikan penanganan kepada ahli elektronik atau penyedia jasa seperti service kulkas, AC, TV dan lain sebagainya.

Leave a Comment