6 Lokasi Di Karimunjawa Yang Jadi Objek Rekreasi Terkenal

Lokasi Karimunjawa berada di Laut Jawa, di samping utara Jepara, Jawa tengah. Karimunjawa sebagai daerah kepulauan yang terbagi dalam 27 pulau kecil dan besar, memiliki penghuni dan tidak memiliki penghuni. Baik pulau yang ditempati atau yang tidak ditempati, banyak sebagai tempat wisata bagus sekali di Karimunjawa ini. Karimunjawa sendiri sebagai daerah taman nasional yang telah diputuskan oleh pemerintahan sebagai rumah untuk sekitaran 400 spesies laut yang terbagi dalam ikan, terumbu karang, rimba bakau, mamalia laut, dan lainlain.
Kepulauan Karimunjawa mempunyai beberapa satwa sangat jarang seperti penyu hijau, elang laut dada putih, dan penyu sisik.

Pantai di beberapa pulau Karimunjawa biasanya mempunyai pasir pantai yang putih dan perairan dengan ombak condong tenang karena bersebelahan dengan beberapa pulau. Oleh karena itu lokasi Karimunjawajadi lokasi favorite untuk tempat wisata, salah satunya yang paling banyak didatangi ialah seperti berikut.

Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil ialah lokasi Karimunjawa yang tidak mempunyai warga. Pulau ini menjadi lokasi berlibur favorite untuk mereka yang ke Karimunjawa karena dekat sama pulau khusus, sepi, dan mempunyai perairan yang membahagiakan untuk lakukan snorkeling atau diving karena kedalamannya tidak demikian dalam. Airnya warna biru jernih hingga Anda dapat menyaksikan secara jelas panorama bawah laut yang dijajakan. Berhatihati saat berenang atau cuman bermain air di perairan Pulau Menjangan Kecil karena terumbu karang yang terinjakinjak dapat hancur dan mengusik ekosistem.

Pulau Menjangan Besar

Lokasi Karimunjawa yang terkenal didatangi ialah Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini ada penangkaran ikan hiu untuk jaga komunitas ikan hiu di Laut Jawa yang banyak dicari oleh nelayan. Di penangkaran ini Anda dapat mengetes nyali berenang antara kelompok hiu yang memiliki ukuran lebih kecil sekalian didampingi oleh pemandu atau pengurus dari penangkaran hiu ini. Ongkos masuk ke penangkaran hiu ini cukup hanya 25 ribu saja perorang telah komplet dengan peluang untuk berhubungan dari dekat dengan hiuhiu di Karimunjawa.

Pulau Cemara Besar

Lokasi Karimunjawa satu ini dinamakan Pulau Cemara Besar karena ada beberapa pohon cemara liar yang tumbuh di situ. Pulau ini termasuk juga pulau tidak memiliki penghuni yang banyak didatangi pelancong untuk cari spot snorkeling lainnya atau sekadar rileks mengisap udara yang fresh dari pohon cemara. Anda dapat melihat dunia bawah laut di perairan Pulau Cemara Besar, tetapi memanglah tidak seindah di Pulau Menjangan Kecil. Tapi koleksi terumbu kerang di Cemara Besar masih bagus dan asri karena ada di kedalaman yang cukup dalam dan tidak demikian banyak pelancong yang tiba kesini dibanding dengan Pulau Menjangan Kecil.

Pantai Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam ialah lokasi Karimunjawa yang berada di pulau khusus. Untuk perjalanan lewat darat memerlukan waktu sekitaran 45 menit dengan kendaraan motor, semakin lebih cepat bila Anda memakai perahu mengelilingi pulau untuk sampai ke Tanjung Gelam, tetapi pasti dengan ongkos yang tambah mahal. Di pantai ini ada pohon kelapa miring yang seringsekali jadi object photo khusus di teritori Pantai Tanjung Gelam. Dengan panorama yang elok, air dan angin laut yang fresh, panorama sunset yang romantis, Anda dapat sekalian rileks minum dan makan di beberapa warung di tepi pantai.

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana sebagai pantai yang berada di pulau khusus Karimunjawa, persisnya berada di samping timur. Pantai ini sebagai pantai paling panjang di Karimunjawa dengan panorama ciri khas pantai yakni pasir putih dan air laut dengan ombak yang. Banyak pohon kelapa yang ada di sekitar pantai membuatlokasi Karimunjawa ini mempunyai situasi yang autentik.

Rimba Mangrove

Rimba mangrove mempunyai peranan yang perlu untuk kesetimbangan ekosistem di laut. Dia berperan sebagai pemecah ombak laut hingga tidak ada abrasi atau pengikisan tanah oleh laut di dataran. Rimba mangrove di Karimunjawa yang populer berada di Pulau Kemujang di mana untuk pelancong telah disiapkan trek pelabuhan dari kayu sejauh 2 km yang dapat dipakai untuk mencari tepi laut yang dikitari oleh rimba mangrove. Itu ia beberapa hotspots yang dapat Anda datangi untuk berlibur lokasi Karimunjawa.

Leave a Comment