Tips Membuat Flash Fiction yang Perlu Anda Ketahui

 

Flash Fiction merupakan salah satu jenis karya sastra yang mirip dengan cerpen. Jenis tulisan ini juga bisa diterbitkan secara indie melalui jasa cetak buku terpercaya. Namun, sebelum menerbitkannya tentu penting untuk tahu tips membuat flash fiction agar tulisan yang dibuat menarik.

Tips Membuat Flash Fiction

Membuat flash fiction menuntut setiap penulisnya untuk super kreatif karena harus menghadirkan cerita yang utuh dalam batasan jumlah kata minim. Sesuai namanya, jenis karya ini merupakan fiksi kilat yang menghadirkan cerita utuh mulai dari tema, tokoh, plot, setting, hingga konflik.

1. Tentukan Tema yang Menarik

Tips pertama yang harus dilakukan untuk membuat flash fiction adalah menentukan tema yang menarik. Jenis tulisan ini harus dibukan dengan konflik yang memicu pertanyaan pembaca. Sehingga mereka pun tertarik untuk membaca tulisan tersebut hingga akhir.

2. Menggunakan Dialog yang Efektif

Tidak perlu menggunakan dialog yang bertele-tele dan gunakan seefektif mungkin. Dialog padat dan pendek yang ditulis harus bisa mengarahkan alur cerita secara langsung agar tidak mengaburkan inti dari cerita.

3. Pemilihan Diksi yang Tepat

Diksi atau pilihan kata dalam karya sastra sangatlah penting karena memiliki peran untuk menarik perhatian pembaca atau sebaliknya. Pembaca bisa saja terkesan dari diksi pertama yang ditulis dalam sebuah karya sastra. Sehingga penting untuk memilih diksi yang tepat dalam penempatan cerita sebelum cetak buku.

4. Ending Tidak Menggantung

Salah satu tips mudah dalam membuat karya sastra adalah menentukan ending terlebih dahulu. Sehingga cerita di awal bisa lebih mudah mengalir. Pastikan tidak membuat cerita dengan ending yang menggantung dan jelas hingga akhir sehingga pembaca puas saat membaca karya tersebut.

5. Lakukan Revisi

Setelah selesai menulis flash fiction, maka baca kembali karya tersebut apakah ada yang perlu direvisi atau tidak. Proses penyuntingan ini sangat penting agar tulisan yang dikirim ke penerbit benar-benar sudah sesuai baik dari segi cerita maupun penulisan.

Dengan mengetahui tips membuat flash fiction di atas, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membuat karya sastra jenis ini.

Leave a Comment